Selasa, 03 Januari 2017

5 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah salak cukup dikenal secara meluas di Indonesia. Kulitnya bersisik dengan daging berwarna putih gading. Salah satu kota di negara ini yang terkenal akan kelezatan salaknya yaitu Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman. Salak yang dibudidayakan di kota ini bernama salak pondoh dan memiliki rasa manis dan segar. Selain nikmat, banyak juga manfaat buah salak yang penting untuk diketahui, terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Salak yang Terduga


1. Obat Diare dan Sembelit

Diare adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan di mana feses berbentuk cair sehingga penderita berulang kali buang air besar secara terus-menerus. Manfaat buah salak yang pertama yaitu sebagai obat alami sakit diare. Jangan remehkan penyakit diare karena jika salah penanganan maka bisa mengkhawatirkan nyawa penderita. Buah salak ini harus dikonsumsi secara teratur jika ingin segera sembuh dari diare. Selain diare, buah yang unik ini juga sering dimakan untuk mengobati sembelit. Adanya mitos bahwa buah salak bisa membuat sembelit adalah tidak benar karena kandungan vitamin dalam buah ini malah membantu saluran pencernaan sehingga lebih lancar.

2. Pencegah Kanker

Manfaat buah salak yang ampuh bagi kesehatan yaitu mencegah tubuh dari penyakit kanker. Jangan buang kulit ari yang biasa ditemukan pada permukaan buah salak. Sebab, pada kulit ari salak terhadap senyawa yang bisa menghindarkan diri dari kanker. Tak perlu susah payah mengonsumsi obat-obatan untuk menghindari diri dari penyakit yang mematikan ini.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus menjaga kesehatan lebih ekstra karena ada calon jabang bayi yang bersemayam di kandungannya. Ibu hamil baik mengonsumsi buah salak karena mengandung banyak zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Ketika hamil, ibu perlu banyak sel darah merah yang memiliki peran penting untuk memberikan oksigen pada janin bayi. Kekurangan zat besi berakibat fatal baik bagi ibu hamil maupun si calon bayi. Tak hanya itu, salak juga mengandung banyak kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang calon janin. Manfaat buah salak bagi kesehatan ibu hamil dan janin ini sudah terbukti mujarab sejak dahulu.

4. Menjaga Stamina

Manfaat buah salak yang jarang diketahui yaitu bisa meningkatkan stamina. Tubuh yang kurang prima menandakan staminanya sedang kurang bagus pula. Jika stamina kurang terjaga, maka untuk beraktivitas pun akan kurang nyaman. Banyak mengonsumsi salak bisa menjaga stamina tubuh. Jadi, buah ini bisa menjadi vitamin alami yang membuat badan tetap segar dan sehat.

5. Mengobati Gangguan Lambung

Sering merasa mual tanpa sebab yang pasti bisa jadi tanda-tanda gangguan pada lambung. Jika merasakan gejala seperti ini maka segeralah memakan buah salak karena kandungan nutrisi dan vitaminnya bisa meredakan mual. Jika dikonsumsi teratur penyakit lambung akan teratasi. Buang jauh-jauh pikiran untuk menggunakan obat tanpa anjuran dokter. Jika merasa sakit lambung ringan, coba terlebih dahulu cara alami yang murah ini yaitu memakan salak. Terkadang memang tak mudah mencari salak karena salak memiliki musim panen tersendiri.

Manfaat buah salak ini sangat penting untuk diketahui karena tidak sedikit yang belum mengetahui tentang keampuhan buah ini. Salak memang tidak sepopuler buah pisang ataupun mangga. Namun dalam buah yang bersisik ini terdapat banyak manfaat bagi kesehatan raga. Buah ini bisa mencegah tubuh penderita penyakit kanker, menjaga stamina tubuh bahkan bisa menyembuhkan penyakit gangguan pencernaan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner