Rabu, 04 Januari 2017

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Perlu Anda Tahu

Selain enak, buah naga yang banyak dihasilkan dari beberapa negara di Asia ini memiliki banyak manfaat. Namun tahukah Anda, bukan hanya daging buahnya yang mengandung manfaat bagi kesehatan.  Ternyata kulit buah naga juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut 6 manfaat kulit buah naga yang perlu Anda tahu.

Manfaat Kulit Buah Naga

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan


1. Mengobati Tumor

Tumor dapat terbentuk karena tumbuhnya sel abnormal yang ada di dalam tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat dalam kulit buah naga mampu menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh. Caranya adalah dengan memotong kulit buah naga menjadi beberapa bagian potongan kecil, lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menyeduh kulit buah naga yang sudah kering seperti menyeduh teh. Minum airnya rutin 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

2. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya dan sulit disembuhkan. Oleh karena itu, lebih baik kita mencegah penyakit kanker sejak dini, salah satunya dengan menggunakan obat herbal yang terbuat dari kulit buah naga. Manfaat kulit buah naga untuk pencegahan penyakit kanker kini sudah bisa kita dapatkan di toko-toko obat herbal yang menjual ekstrak kulit buah naga.

3. Mencegah dan Mengobati Stroke

Penyakit stroke seakan sudah menjadi momok bagi masyarakat terutama yang memiliki penyakit darah tinggi. Resiko biasanya akan naik bagi penderita darah tinggi pada usia 40 tahun ke atas. Penyempitan pembuluh darah menjadi salah satu faktor peningkatan resiko stroke. Beberapa waktu belakangan ditemukan bahwa kandungan senyawa pada kulit buah naga mampu melenturkan pembuluh darah. Pentacylic triyepene 20ene 30aol dan taraxast 12 merupakan dua senyawa yang memiliki peran melenturkan pembuluh darah. Dengan kedua senyawa ini pembuluh darah yang menyempit dapat kembali lentur dan mencegah pecahnya pembuluh darah sehingga resiko stroke dapat terhindarkan.

4. Pendeteksi Boraks dan Formalin

Belakangan ini sering ditemukan kasus makanan yang dicampur boraks dan formalin. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena kedua bahan pengawet ini bila dicampur ke dalam makanan lalu dikonsumsi akan menyebabkan sejumlah penyakit yang berbahaya seperti kanker, kerusakan otak dan lain sebagainya. Untuk itu, lakukan cara berikut ini untuk mendeteksi ada tidaknya boraks dan formalin pada makanan yang hendak Anda konsumsi.

Siapkan air dalam wadah lalu masukkan air jeruk nipis. Masukkan beberapa potongan kulit buah naga biarkan terendam beberapa saat sampai air berubah warna menjadi merah. Ambil selembar tisu bersih lalu celupkan pada air merah tadi hingga tisu menyerap air dan warna merahnya. Tempelkan tisu pada makanan yang hendak diuji. Diamkan sejenak dan perhatikan warna tisu,bila terjadi perubahan warna tisu menjadi putih maka makanan tersebut tidak mengandung formalin. Apabila tisu tidak berubah warna (tetap berwarna merah) maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin.

5. Menjaga Kelembaban Kulit

Hindari kulit keriput dengan menutrisi kulit dan menjaga kelembaban kulit. Selain dengan banyak minum air putih, menjaga kelembaban kulit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh yang terbuat dari kulit buah naga. Manfaat kulit buah naga sebagai sumber nutrisi kulit dapat dirasakan dengan meminum teh kulit buah naga setiap pagi dan sore hari.

Selama ini banyak dari kita yang membuang begitu saja kulit buah naga. Dengan memperhatikan manfaat kulit buah naga di atas, ada baiknya mulai sekarang kita mengolah kulit buah naga sebagai salah satu obat herbal untuk kesehatan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner