Minggu, 26 Maret 2017

6 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang berperan dalam proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh manusia. Di antara banyaknya jenis jeruk yang terdapat di Indonesia, manfaat jeruk lemon merupakan salah satu yang menjadi incaran masyarakat.

Tak Hanya Dikenal sebagai Sumber Vitamin C, Beberapa Manfaat Jeruk Lemon ini Patut Anda Ketahui


Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, jeruk lemon merupakan jenis jeruk yang dapat menjadi prioritas utama untuk dijadikan sumber vitamin C bagi tubuh. Pasalnya, meski semua jenis jeruk sama-sama mengandung vitamin C, kandungan vitamin C pada jeruk lemon ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis jeruk lainnya. Selain sebagai sumber vitamin C, terdapat beberapa manfaat jeruk lemon yang patut Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai Zat Antioksidan

Manfaat jeruk lemon yang pertama adalah sebagai zat antioksidan. Antioksidan ini merupakan zat yang dapat menangkal radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh. Contoh radikal bebas yang sering ditemui di lingkungan sekitar antara lain asap rokok, polusi udara, radiasi sinar ultra violet dari matahari, serta obat-obatan kimia dengan bahan-bahan tertentu yang dapat memicu terbentuknya radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh. Selain dapat menyebabkan penyakit kronis, radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada tubuh bahkan berakibat pada rusaknya DNA yang merupakan pembentuk sel pada tubuh manusia.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari radikal bebas, seperti menerapkan pola hidup sehat, olahraga secara teratur dan tidak berlebihan, serta mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan. Zat antioksidan biasanya ditemukan pada vitamin E dan vitamin C. Itulah sebabnya jeruk lemon dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Meski begitu, Anda harus tetap memerhatikan jeruk lemon yang Anda makan. Sebelum dikonsumsi, jeruk lemon harus dicuci bersih agar pestisida yang menempel tidak ikut masuk ke dalam tubuh dan tidak menjadi penyebab terbentuknya radikal bebas.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain menurunkan tingkat percaya diri pada seseorang, kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga sirkulasi darah tidak lancar dan risiko terkena penyakit stroke atau serangan jantung menjadi meningkat. Manfaat jeruk lemon pada kasus ini adalah menurunkan berat badan yang berlebih. Kandungan vitamin C dan berbagai mineral yang cukup tinggi pada jeruk lemon dapat memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga lemak pada tubuh tidak menumpuk dan tidak menjadi penyebab obesitas.

Dengan mengetahui manfaat jeruk lemon sebagai buah yang dapat menurunkan berat badan, bukan berarti Anda dapat seenaknya mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dengan anggapan berat badan Anda tidak akan naik asalkan Anda mengonsumsi banyak jeruk lemon. Pola hidup sehat, olahraga teratur, serta mengonsumsi buah dan sayur lainnya merupakan langkah yang harus Anda lakukan jika Anda menginginkan berat badan yang ideal.

3. Membantu Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

Manfaat jeruk lemon yang berikutnya adalah membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti kulit kusam, kulit berminyak, kulit berjerawat, serta mengurangi kerutan pada wajah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk lemon membantu mengoptimalkan pembentukan kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia. Semakin baik kolagen yang terbentuk, semakin baik juga kualitas kulit wajah seseorang. Dengan begitu, sel kulit mati akan terangkat dan akan digantikan oleh sel kulit yang masih muda sehingga kerutan pada wajah berkurang dan kulit menjadi lebih kencang. Perlu Anda ketahui bahwa sel kulit mati yang dibiarkan akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi awal munculnya komedo atau jerawat. Selain itu, sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, jeruk lemon dapat menjadikan kulit kering atau kulit kusam menjadi lebih cerah serta dapat memudarkan flek hitam atau bekas jerawat pada wajah.

4. Mengatasi Masalah Rambut Rontok dan Rambut Berketombe

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk lemon ternyata bermanfaat juga dalam mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok dan rambut ketombe. Jika Anda ingin merasakan manfaat jeruk lemon tersebut, cukup gunakan perasan air jeruk lemon secara merata pada rambut sambil dipijat dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. Gunakan perasan air jeruk tersebut secara rutin atau pakailah shampoo yang mengandung ekstrak jeruk lemon sebagai tambahannya.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Manfaat jeruk lemon yang selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Penyakit kardiovaskuler ini merupakan penyakit yang berhubungan erat dengan jantung dan pembuluh darah. Contohnya seperti stroke, serangan jantung, jantung koroner, dan tekanan darah tinggi. Penyakit stroke dan penyakit jantung koroner sama-sama terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Stroke terjadi karena penyumbatan, penyempitan, serta pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan asupan darah dan oksigen menuju ke otak semakin menurun, sedangkan jantung koroner terjadi karena pembuluh darah yang memasok darah ke jantung tersumbat akibat tertimbun kolesterol atau lemak darah. Jantung koroner tersebut merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Kaitannya dengan manfaat jeruk lemon, kandungan vitamin C dan berbagai mineral yang cukup tinggi pada jeruk lemon dapat memperlancar proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang lancar membuat lemak pada tubuh tidak menumpuk sehingga risiko terkena penyakit radiovaskuler sangat kecil. Meski mengonsumsi jeruk lemon dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, penerapan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur tidak boleh dilupakan. Waspadai perubahan gaya hidup ekstrem yang berdampak buruk dan kurangi makanan fast food atau makanan siap saji.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali sehingga menyerang sistem jaringan pada tubuh. Sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker karena adanya kerusakan pada DNA. Pada penyakit kanker, DNA rusak yang seharusnya menjadi sel mati ketika tidak diperbaiki malah membentuk sel-sel baru yang tidak diperlukan dengan mewarisi sifat DNA yang rusak. Jumlah sel-sel baru tersebut akan terus bertambah dan lama-kelamaan akan menghambat pertumbuhan sel yang normal.

Seperti telah dijelaskan di atas, salah satu manfaat jeruk lemon adalah sebagai zat antioksidan. Zat antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan penyakit kronis, kerusakan jaringan pada tubuh, bahkan berakibat pada rusaknya DNA yang merupakan pembentuk sel pada tubuh manusia. Jika Anda sering mengonsumsi jeruk lemon, kemungkinan rusaknya DNA yang menjadi gerbang awal munculnya kanker sangatlah kecil. Namun, Anda juga harus tahu bahwa peranan jeruk lemon tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, serta menghindari sumber radikal bebas seperti asap rokok dan sinar ultra violet.

Itulah beberapa manfaat jeruk lemon yang patut Anda ketahui. Anda dapat mengonsumsi jeruk lemon secara langsung atau mengambil perasan airnya dengan tambahan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu masam. Konsumsi secara rutin setiap pagi atau sore dan buktikan sendiri manfaatnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner