Minggu, 02 April 2017

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil sangatlah penting untuk menjaga kondisi si ibu dan membantu perkembangan janin. Salah satu cara untuk memenuhi gizi adalah mengkonsumsi buah-buahan yang bermanfaat seperti buah naga. Manfaat buah naga untuk ibu hamil cukup banyak karena kandungan yang terdapat dalam buah tersebut. Kandungan gizi seperti vitamin dan zat besi menjadikan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Beberapa Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil


Buah naga, buah yang berasal dari daratan Amerika ini cukup unik dengan daging buah yang bermacam-macam warnanya, seperti merah dan putih. Buah naga merah atau pun putih memiliki kandungan gizi yang hampir sama, yaitu zat besi, vitamin, kalsium, karbohidrat folat, dan banyak mengandung air. Kandungan buah naga tersebut dapat membantu kondisi si ibu, membantu perkembangan janin, dan menghindarkan bayi lahir cacat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Menjaga kondisi sang ibu

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dengan adanya kandungan zat besi dapat membantu ibu terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal tersebut akan membantu agar kondisi ibu tidak lemas atau pun lesu. Buah dengan warna yang mencolok mengindikasikan adanya kandungan fitokimia yang baik untuk melawan penyakit, sehingga ibu hamil bisa lebih sehat. Kadar air yang cukup tinggi dalam buah naga juga bermanfaat untuk menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Dehidrasi cukup berdampak negatif karena bisa mengganggu atau menghambat proses metabolisme dalam tubuh.

2. Membantu perkembangan janin

Perkembangan bayi dalam proses kehamilan akan berpengaruh dengan si bayi saat dan setelah lahir, oleh karena itu perlu untuk diperhatikan asupan gizi yang membantu perkembangan bayi selama di dalam kandungan. Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang cukup penting adalah kandungan karbohidrat folates. Karbohidrat folates bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu buah naga juga memiliki kandungan kalsium yang sangat penting bagi pembentukan dan perkembangan tulang bayi selama kehamilan. Nutrisi vitamin B1 atau tiamin dalam buah naga membantu proses metabolisme sel. Kandungan penting lainnya pada buah naga adalah karoten yang baik untuk perkembangan indera bayi saat di dalam kandungan.

3. Menghindarkan bayi lahir cacat

Setiap orang tua tentu menginginkan bayinya lahir dengan berat badan dan bentuk yang normal. Bayi lahir cacat atau prematur dapat dihindari dengan pemberian gizi yang tepat selama proses kehamilan. Mengkonsumsi buah naga saat hamil bisa membantu memenuhi kebutuhan folat yang sangat penting untuk mencegah bayi lahir prematur. Manfaat buah naga untuk ibu hamil seperti kandungan karbohidrat folates baik untuk mencegah bayi lahir cacat sistem saraf atau otak. 

Buah naga juga baik sebagai sumber antioksidan yang membantu menghindari radikal bebas yang berbahaya bagi janin. Antioksidan dapat membantu menghindari bayi lahir cacat dan prematur. Mengkonsumsi buah naga akan membantu pembentukan sel darah merah yang bermanfaat agar bayi tidak mengalami kelainan darah atau pun bayi lahir dengan kecerdasan yang kurang baik. Kandungan buah naga lainnya yang penting adalah vitamin C, yang baik untuk kesehatan dan supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dan cukup dapat membantu kesehatan ibu dan juga bayi. Selain buah naga, tentu asupan gizi bisa didapat dari sumber makanan lainnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner